Abee Official Blog

Recovery Bios Compaq CQ40-108TU | InsydeH2O EFI BIOS

Posted on: January 29, 2009

Kemarin saya download bios update untuk laptop saya CQ40-108TU di situs resmi compaq berharap dengan bios baru laptop saya bisa lebih optimal. Setup pun saya jalankan, oiya saya memakai Windows Vista dan belum service pack 1.Begitu setup selesai, sistem disuruh shutdown untuk complete update biosnya, selesai mati saya mencoba menghidupkan dan ternyata laptop saya hanya menyala lednya saja n tidak ada tanda tanda laptop bakal booting, busyet ini gagal bios berarti sial sial sial,

akhirnya tanya om google, setelah panik selama 2 jam (mana pas jam 12 malem lagi), saya menemukan satu solusi yaitu dengan pake flashdisk, yup bios kita bisa recovery lewat flashdisk, berikut caranya (bisa praktek di semua model Compaq CQ40 base series) :

Terjemahin sendiri ya,,hehe

The following is a discription of how I managed to
recover the BIOS on a CQ45-107TX
running the InsydeH2O EFI BIOS
using a USB thumb drive.

IMPORTANT !!!
Obtained the correct BIOS file, HP seem to provide many different BIOS’s.
For instance the BIOS for CQ45-107AU is not the same as CQ45-107TX.

For the CQ45-107TX I used the Insyde BIOS version F.04 file 30F7F04.FD then

  • Renamed the file 30F7F04.FD to 30F7.BIN and placed it on a USB thumb drive.Disconnected the AC adapter from the notebook.Removed the battery from the notebook.Inserted the USB thumb drive into one of the USB ports on the notebook.
    Didn’t seem to matter which one.

    Held down the ‘Windows’ Key and the ‘B’ key.

    Connected the AC adapter.

    Pressed the ‘Power’ button on the notebook.

    When the LEDs came on, let go of power button and the two keys held down earlier.
    On the CQ45-107TX the touch pad LED came on as amber (disabled) instead of the normal white (enabled).

    After about 10 seconds the notebook started reading the USB thumb drive.
    While searching for the file the notebook beeped once a second.
    The number of beeps varied, depending on how big the thumb drive was and
    the number of files on the thumb drive, from just one beep to many.
    If the file was not found, the notebook would reset itself and try again.

    If the file was found then it took about 12 seconds for the notebook to load it.
    No beeping sounds heard during the loading time.

    When loaded the notebook started flashing, indicated by beeps every 2 seconds.
    This took about 32 seconds.

    About 5 seconds after the beeping had stopped the notebook shutdown.
    BIOS worked normally thereafter.

Some notes:

The BIOS files appear to be in this format

Code:
  ????F??.FD
  |  || ||_|_____ EFI BIOS file
  |  ||_|________ Version number
  |__|___________ Model specific

Therefore I would guess if you had a CQ45-115AU and your BIOS flash file was 30FBF21.FD then you would probably rename it to 30FB.BIN for use with the USB thumb drive. But I don’t know for sure.

Thumb drive formats.
A 128M thumb drive formatted with FAT16 worked okay.
A 16GB thumb drive formatted with FAT32 worked okay.

No beeping sound
It is possible that you will not hear any beeping at all in which case you should still observe the USB drive LED blinking on and off while loading the BIOS file then, if successful, the computer will shut itself down within 1 minute.

Buat yang blm menemukan linknya donlot bios, ada disini

http://h10025.www1.hp.com/ewfrf/wc/siteHomeC?lc=en&dlc=en&cc=us&lang=en&os=2093&product=top

silahkan dimasukkan sesuai model, kemudian di driver cari yang vista 32 bit, ada kok disitu banyak macam driver, pilih bios

INGAT SESUAIKAN SESUAI MODEL COMPAQ ANDA !!! SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KESALAHAN UPDATE, KARENA SEBENARNYA JUGA SALAH MENDOWNGRADE BIOS DI COMPAQ hehehe

semoga berguna, cheers

61 Responses to "Recovery Bios Compaq CQ40-108TU | InsydeH2O EFI BIOS"

nice inpo

sayang gak punya laptop gak bisa uji coba😦

aq tanya, pakai flashdisk merk apa? sizenya berapa?, karena aq sdh memakai macam2 merk flashdisk tapi tetap gak ada respon dari flashdisk mau presario cq40-108TU nya, tq

aku pake kingstone 4gb lancar tuh sob, sistemnya jangan lupa pake FAT aja, kosongin jg biar pas recovery nya gampang,
Jangan lupa dengan perintah ini.
Renamed the file 30F7F04.FD to 30F7.BIN and placed it on a USB thumb drive
File diatas didapat setelah kamu ekstrak (pake winrar bisa) master setup biosnya,

met mencoba

very useful!
am using compaq cq40-108tu
pande2 kita modis filenya🙂

tutorialnya bisa dibuat bhs indonesia g klo bisa tutornya kasih screenshootnya

file biosnya download dimana bro????

di situs resminya HP bro ada semua, sesuai model

bisa minta linknya gak???

eh mas dah tak coba tp kok gak baca usb ya.coz flashdisk ku gak kedip2 tuh……
biasanya kalau baca usb khan lampu usbnya kedip2 kaya atanya dewi persik gitu……:d
tuh apanya ya mas ya?
mohon bimbingan dan belaian nya…. :d

mas ni jangan2 gak praktek sendiri ya???
jgn2 cuma copy paste dari site lain ya???
kok wong indo pake tutor ingreeesss….!!!

TERIMA KASIH BANYAK..
you saved my wednesday

seteleh tak ikutin cara mas kok terus ngeblank kedip2 lampu samping caplock ama diatas scroll (numlock) ya ms
knapa tuh?

walah jangan2 mas tu cuma copy paste aja ya gak praktek sendiri gt.
mas upgrade bios tu resikonya tinggi jd kalau belum pernah coba sendiri dan berhasil gak usah gembar gembor apa lg bilang sukses.
tu namanya menjerumuskan orang lain mas.ya kalo file tu suport ma cq 40 108tu.kl gak kan laptop orang tambah rusak.

@ all

yang blm menemukan linknya donlot bios, ada disini

http://h10025.www1.hp.com/ewfrf/wc/siteHomeC?lc=en&dlc=en&cc=us&lang=en&os=2093&product=top

silahkan dimasukkan sesuai model, kemudian di driver cari yang vista 32 bit, ada kok disitu banyak macam driver, pilih bios

INGAT SESUAIKAN SESUAI MODEL COMPAQ ANDA !!! SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KESALAHAN UPDATE, KARENA SEBENARNYA JUGA SALAH MENDOWNGRADE BIOS DI COMPAQ hehehe

@ arie

Mungkin kmu salah rename imagenya mungkin cek again yaa

@bagonk @ bonex

terserah loe mo ngomong apa, klo gak tau apa apa jangan kebanyakan ngomong deh loe, mang loe gak baca apa gue bacot diatas cerita panjang lebar,

post diatas emang gue copas, dan udah gue coba berhasil, makanya gue post, males gue terjemahin pasti yang berkunjung disini dah bisa lah inggris, klo gak bisa kan ada contact gue tu di about (usaha dikit kan bisa), ngapain pula gue ngejerumusin orang, banyak yang dah terbantu bro, upgrade bios emang resiko tapi mereka yang masuk disini juga alasannya kan pasti satu, mereka GAGAL UPDATE BIOS or DOWNGRADE BIOS so mereka pasti sebelumnya juga dah tahu resikonya ngutekin bios, so here i give them solution yang aku lakukan pada laptopku

mas,mohon bimbingannya,sy dah coba donlod bios tp gk bisa slalu putus tengah jalan..tolong di bimbing ya mas.🙂

ikutan petunjuk diatas aja gan, mudah kok, jgn takut, klo donlot putus ya koneksinya juragan brti, cb donlot lewat warnet or dari kantor kek ane nih😀

mas, disitu ada 2 pilihan bios:
1. Winflash for HP Notebook System BIOS-MIcrosoft Windows-Based
2. Winflash for HP Notebook System BIOS-Microsoft Windows Vista-Based

sy pilih yang mana…mohon sangat bantuannya🙂
Maaf mas baru belajar.

Kemungkinan Vista based bro, well dulu cmn ada satu linknya sekarang brubah dua fiuuh, serinya F.04 bro

Sekarang malah udah ga ada linknya mas..😦

mas, makasih bangeeetttt!!! 🙂
sy udah berhasilll he..he..he. lega aku mas
smoga rejeki mas banyak, emank mas i2 guruku
he..he..he. makasih banget ya mas🙂

@ restu

mungkin salah pilih file imagenya or salah rename file imagenya

PERHATIKAN

Renamed the file 30F7F04.FD to 30F7.BIN and placed it on a USB thumb drive

Thanks alot Mr. Noobieku you really saved my monday.
It really works well. Took sometime to figure out, but it really works.

Thanks again

glad i can help u

cheers

Thanks banget buat Noobieku : Untuk NB Hp compaq CQ40-108TU yang penting adalah merename file 30F7F30U.FD menjadi 30F7.BIN trus ikuti langkah selanjutnya, semoga berhasil.

ASSALAMUALAIKUM.
wah saya juga mengalami masalah yang sama….
saya lebih panik dari mas soalnya saya ga tau BIOS samasekali…
terima kasih mas atas infonya.. thanx a lot…

mas noobie…
jangan emosi ma bagonk+bonex
paling juga mereka ngga punya nyali buat kerja beresiko.

Bagi yang laen mohon dibaca sekali lagi..

INI BUAT YANG GAGAL DOWNGRADE BIOS !!!!

untuk DOWNGRADE nya jangan lupa jalankan WINFLASH.BAT
pasti salah jalankan InsydeFlashnya…

Terima Kasih buat yang punya blog..

you saved me TWICE !!!

biar sudah 2 tahun megang compaq (sampe kapalan)
masih aja kecebur salah downgrade bios.

aloo bro aku dah download tapi bukan dlm bentuk aplikasi bro terus gmana caranya disitu cuman satu file setup ga ada tuch yg mo direname!!!tolong bantu bro tq

di ekstrak gan aplikasinya tu, klo gak salah pake winrar bisa, lalu cari deh file biosnya

OK banget ni bro… masalahnya bios punyaku ada 4 file fd yang mana tu… cq40 603tu.. kapan hari ku downgrade pake F.11 malah wifinya gak support.. 104 unsupported wireless blablabla…

mas noobie kalo untuk laptop compaq cq40-116tu yang gagal bios gimana yah cara balikinnya?? apa caranya sama?? untuk rename setupnya apa?? thx a lot b4..

seharusnya sama bro, secara teori, cmn beda namanya nih yang kadang bikin bingung

mas noobie kalo untuk laptop compaq cq40-116tu yang gagal bios solusinya bagaimana?? apa caranya sama?? untuk rename file settupnya apa?? thx a lot b4..

thaks brooo…………berharga ni ilmu looo…

Salam bro noobie dan kawan-kawan,

Saya udah nyoba cara diatas dengan sempurna. Tetapi tetap hasilnya nihil pada seri PRESARIO CQ40 – 532TU . Pada awalnya ada respon dari flashdisk (kedip2) dengan terdengar bunyi BEEP menyusul setelahnya. Tetapi wkt shutdown – nyala lagi, hasilnya jd BLANK dengan kondisi LED POWER dan LED WIFI menyala. Sekarang flashdisk manapun yg dicolokin tetap aja ga kedetect lg.

Ada solusi dr teman2?😉 wahaha hebat ni laptop bisa bwt wa stress.. salut to HP

Thx

sohib….gw punya kasus nih….
saat itu gw gagal update window…..terus gw matiin tuh laptop (Compaq Presario cQ 40…)
eh begitu di buka semua folder gw rename g bisa….gw ulang update window nya succes….
ni tetep ja g bs rename………..
da yang punya solusi bwt gw…..
thanks 4 info…….
M1cko

Mau nanya,
punyaku CQ40-108TU, waktu coba upgrade bios, berjalan dengan sempurna tanpa ada masalah, sampai laptop mati. Tapi setelah dinyalakan kembali malah tidak ada tampilan sama sekali,lampu indikator wifi-amber,touchpad-amber,capslock dan numlock berkedip2. Saya kemudian mencoba untuk mem-flash ulang dengan cara tersebut diatas,tp sekarang tidak ada bunyi beep maupun baca flashdisk. Apa ada yang tau solusinya ya? mohon bantuannya. Makasih.

Compaq CQ40-18TU saya diupgrade BIOS trus gagal, jadi mati total, saya bawa ke service centre disuruh ganti mainboard, trus saya coba cara diatas koq gak bisa-bisa yah? mohon bantuannya, itu laptop buat kebutuhan skripsi saya,,,

jadi saya sangat mohon bantuannya,,

Salam kenal, gan punya file biosnya gk yan versi f.40 cos sya dah cari tapi yang ad versi terbaru f.66 pas diinstal di flashdisk dia minta file rom nya , gimana gan solusinya?

to all, inget ini ya kawan2
Renamed the file 30F7F04.FD to 30F7.BIN
F04 itu adalah versi bios ku dulu
jadi kalo sekarang ada f66 berarti cari yang
30F7F66 (kurang lebih kek gitu yang akhirannya F66)
trus rename aja dan diganti ektensinya jadi *.bin

hope help

thanks

gan kira2 klu yang f.04 masih punya gk klu masih tolong kirim ke alamat email : tibar_prg@yahoo.co.id terus kalau mencari 30f7f66 pa perlu di ekstrak dulu file instalasinya cos dah dicari disitus resminya gk ad gan . thank’s before

saya mempunyai laptop jenis compaq cq 40 lewat satu tahun, tiba2 pada led capslock dan scroll blink alias kedip2 mohon bantuannya apa kerusakannya layar tidak muncul…

saya mempunyai laptop jenis compaq cq 40 lewat satu tahun, tiba2 pada led capslock dan scroll blink alias kedip2 mohon bantuannya apa kerusakannya layar tidak muncul…

Niat baik, biar CQ40-530TU saya up to date, saya flash bios yg terbaru dari HP yaitu F.66, eh malah ga mau hidup, manteng ditulisan `Compaq` terus. Sempet lama bingung & stress, but akhirnya lega stlh nemuin info dari bro Noobieku. Beberapa kali coba, beberapa kali gagal, tidak nyerah. Coba Versi Bios dicoba satu2, akhirnya berhasil pake F.30, so far so god. Karena file aslinya F.43 ga ketemu lagi. THANKS BRO!
Tolong kasih info kalo nemuin BIOS F.43 ya, he he . . .
don`t give up.

Ma Tolongin dong… saya udah nerjain langkah – langkah yang mas posting tapi ga ada pengarauh mas malah lampu dkt caplok nyala kedap kedip fasdisk juga ga ke ditk gimana mas mrk laptopku CQ40 – 532TU tolllllllllllllllllllllllllllong

@all
bisa di ikuti langkahnya mas rudie ya mas, sepertinya memang ada update buat biosnya

mas untu file di flasdisknya semuanya kita copy atau yang ekstensi yang bin saja..

sy sdh coba berhasil recovry bios. setelh sy sutdown charge sy lpas sy pasng batrai sy nyalakan eh ngak bisa. sy cba ulagi dengan menganti flas sampai 3x tetap enggak bisa untuk cq40-108tu. tlong pak….

hebat kawan ilmu anda sangat bermanfaat….thanks ya

mas kebetulan saya baru dpt masalah yg sama tapi notebook nya CQ35-243TX, kira2 caranya sama nda yach.. pusing nich udah 3 hari nda nemu caranya…

mas saya juga sama kaya yang diatas,stelah gagal upadate bios waktu mau diupdate lagi ternyata flasdisk tidak terdetek,lampu nya g mau nyala……,tlong dong solusinya….

mas saya tinggal di garut dah coba semua versi bios dan cara-cara tadi. gagal juga. bisa tolong benerin langsung ga ya. deket ga YAH

mas, aku co ba kok g bisa
punyaku serinya cq40 719TU,
udah aku rename sesuai contoh,
aku tunggu layare cuma item tok, dan indikator powernya aja yang nyala,
sebenere itu lama mencet tombol windows dan B nya berapa detik mas?

saya punya netbook mini merk HP dengan sistem operasi windows 7, setiap saya hidupkan selalu muncul insydeH20 Setup Utility REV 3.5
Yang mau saya tanyakan bagaimana cara menghilangkan tampilan itu karena dulu gak ada tampilan seperti itu.Mohon teman-teman yang tau masalah seperti ini tolong bantu saya.terima kasih

Thanks a lot boss… ane dah sukses !!! wakakakak
SOLUSI tepat…. moga mudah rejeki BOSS !!

agan ,..gimana nie kalo bios yang didownload dri stus Hp yg didapat stelah diexstrak bukan file.FD melainkan file.WPH ,,itu gimana gan ,.. mohon bantuanya gan sya uda pusing nie ,.NB saya terbunuh oleh tangan saya sendiri gara;gara downgrade,… ke HP center butuh biaya banyak,. hampir 3.5 juta ..mohon bantuanya aga yang ganteng,..hehe

gan,..
gw dah download winflashnya,..
nah cman ini mxdnya apa,..???
Renamed the file 30F7F04.FD to 30F7.BIN
yg di rename winflashnya g2,..????
sumpah w masih g paham,..
mhon bntuannya skrang,..

kmarin saya mencoba instal hp compaq ehhhh
ternyata laptopnya bluee screen

beruntung ada ssatu cara yang paling ampuh
setelah saya coba eehhhhh bisa

Alhamdillah Qw berhasil ,,,,,,

Trims infonya n linknya, smga bisa di laptop HP G42-396TX…

Hi, saya mau konsultasi
nih. Laptop saudara ane
compaq cq40. Kemaren
aneh
deh, pas pagi2 gw nyalain,
tiba2 fan nyala kenceng
bgt
ga seperti biasanya, abis
itu
fan mati. Trus layar ga
nyala
atau blank. Lalu tombol
num
sama caps lock kedip2
sekali
setiap 3 detik. Pas ane
matiin,
nyalain lagi, fan udah ga
jalan
lagi, layar tetep mati. Tapi
ada suara di dvd. Tombol
2 itu
masih kedip2 kayak
sebelumnya.
Sebetulnya, selama
hampir 6
bulan, nih laptop nyala
normal
aja. Memang sih, pas
dinyalain, fannya biasanya
ngeluarin suara kenceng
juga.
Tapi pas masalah blank
screen
ini muncul, fannya lebih
kenceng suaranya.
Tapi ga tau, kebetulan,
pas 4
hari yg lalu, adik gw suruh
gw
laptopnya di hibernate krn
listriknya mau dimatiin
sebentar. Abis itu, laptop
nyala normal lagi pas
dinyalain. Besoknya, juga
laptop masih nyala normal
dan ane sempet mainin 5
jam-
an. Tetapi lusanya, pas
cuaca
dingin bet trus mungkin
laptopnya kedinginan juga
krn
gw biarin diatas meja, jam
9
pagi, gw nyalain laptop.
Nah masalahnya mulai
muncul. Laptop tiba2
mengeluarkan suara fan
yg
kenceng banget, trus
layar
ngeblank, ga sempet
ngeboot.
Tombol num/caps lock
mulai
kedip2 deh.
Please agan2, tolongin
saya
dong. Apa solusinya
Thanks

Leave a Reply

